BTS Ungkap Alasan di Balik Kesuksesan Fenomenal Mereka



Pada 26 Agustus 2018, BTS menggelar konferensi pers dalam rangka konser mereka di Seoul yang bertajuk "BTS World Tour 'Love Yourself'".

Album terbaru mereka, "Love Yourself: Answer," sukses besar merajai chart iTunes, dan title track-nya yang berjudul "IDOL" memecahkan rekor view terbanyak di YouTube dalam 24 jam sejak perilisannya. Sementara itu, album mereka sebelumnya, "Love Yourself: Tear," berhasil mencetak rekor baru di chart Billboard. Dalam beberapa tahun terakhir banyak media yang menganalisis penyebab di balik kesuksesan BTS yang fenomenal ini, beberapa reporter berpendapat kelihaian mereka dalam menggunakan media sosial dan peningkatan konten yang original adalah salah satu dari kunci kesuksesan mereka.

Ketika ditanya mengenai analisis dari kesuksesan mereka sendiri, BTS mengungkapkan semua karena musik mereka dan pesan yang terkandung di dalamnya. Suga berkata, "Saat kami debut, kami mengawalinya dengan kisah tentang sekolah dan masa muda. Kami menceritakan kisah tentang menjadi seseorang dimulai dari tahap paling awal dan itu adalah sesuatu yang sudah kami rencanakan bahkan sebelum kami debut. Menurut kami, sudut pandang kami juga semakin luas sedikit demi sedikit. Kupikir itulah analisis di balik popularitas BTS, salah jika mengatakan semua ini hanya karena media sosial."

Ia menambahkan, "Tentu saja berkat para penggemar, kami dapat menerima begitu banyak cinta, tapi menurutku mereka mulai memperhatikan kami karena kami berfokus pada musik dan pesan di dalamnya yang kami anggap penting. Mereka mendengarkan pemikiran kami dan memberikan apresiasi yang tinggi pada apa yang kami ingin sampaikan. Mereka tertarik pada kami bukan hanya karena media sosial."

RM berkata, "Menurutku apa yang dikatakan Suga sangat benar adanya. Jika aku boleh menambahkan, aku akan bilang bahwa 'I Need You'adalah titik awal kami. Sebelum 'I Need You,' tidak banyak orang tahu siapa kami, tapi jelas setelah hal itu seri 'HWYH' mencetak kesuksesan."

Ia melanjutkan, "Kami pikir semua ini karena konsistensi. Bahkan penggemar baru BTS mencari album lama kami. Ketika 'No More Dream' dirilis, kisah terbaik yang bisa kami ceritakan pada saat itu adalah tentang sekolah. Karena para member memasuki usia 20-an, 'youth' menjadi titik awal, dan begitulah akhirnya hingga menjadi sebuah katalis."

Mengenai "musik pop kami yang universal," ia berpendapat, "Banyak faktor yang berperan penting (dibalik kesuksesan kami), tapi menurutku yang menjadi faktor utamanya adalah tetap berada pada jalur kami. Kami adalah penyanyi dan idola, jadi produk akhir yang bisa kalian lihat dari kami adalah konser. Konser dan album. Jika kau mencintai musik, sangat penting untuk tetap berada pada jalur musik. Kupikir sekarang publik sudah bisa melihat perbedaan antara kesungguhan dan ketulusan. Kami bekerja keras menunjukkan pemikiran kami yang sebenarnya, jadi menurutku hal itulah yang sanggup menyingkirkan kendala bahasa dan pada akhirnya mampu menyentuh hati setiap orang."

Tur dunia BTS akan mencakup lebih dari 30 konser di 16 kota, dimulai dengan Seoul pada 25 Agustus 2018 dan akan berakhir pada Februari 2019. (3025)

Sumber : Naver / Soompi


Jika ingin meng-copypaste artikel ini mohon sertakan link artikel blog ini! Hargai kerja keras penulis yang menerjemahkan dari sumber aslinya.. Terima kasih sudah mengunjungi blog ini ^^

Komentar