Petisi yang Memprotes Drama "Mr. Sunshine" Menuai Banyak Dukungan



Baru-baru ini warga negara Korea Selatan mengajukan petisi kepada pemerintah terhadap ketidaksesuaian sejarah di dalam drama "Mr. Sunshine" yang ditayangkan tvN.

Hingga 7 Agustus 2018 pukul 10.30 KST, petisi tersebut telah memperoleh 27.000 tandatangan. Sebelumnya, protes terhadap ketidaksesuaian sejarah dalam drama tersebut telah diunggah pada petisi masyarakat yang ada di homepage Cheongwadae (Blue House).

Menurut mereka,"Jepang adalah penjajah bangsa di masa peperangan. Fakta di dalam sejarah menyebutkan ada korban nyata dalam penjajahan tersebut. Berbahaya bila memaksakan karakter dengan latar belakang cerita "dia tidak punya pilihan lain" pada posisi sebagai seorang penjajah."

Karakter yang dimaksud adalah Goo Dong Mae seorang pemimpin Organisasi Black Dragon di Hanseong yang diperankan oleh Yoo Yeon Seok, dimana berdasarkan sejarah merupakan organisasi pro-Jepang. Menanggapi hal itu, staf drama merevisi peran Goo Dong Mae menjadi karakter fiksi.

Terhadap ketidaksesuaian sejarah dalam drama tersebut, masyarakat yang mendukung petisi menyebut, "Mereka (staf drama) mengaburkan inti dari masalah ini, dan meremehkan arti sebuah sejarah. Meskipun fiksi, ada drama yang menggambarkan perasaan rakyat Joseon dengan akurat tanpa ketidaksesuaian."

Mereka melanjutkan, "Kami lihat drama ini terus menunjukkan budaya Joseon yang seakan 'tidak beradab'. Kecuali karakter utama wanita Go Ae Shin, karakter utama lainnya begitu juga dengan karakter pendukungnya adalah pro-Jepang. Karakter-karakter itu bukannya menggambarkan Joseon sebagai negara yang dijajah namun seakan-akan Joseon sendirilah yang menyebabkan negaranya dijajah." (K/id)

Sumber : Soompi

Jika ingin meng-copypaste artikel ini mohon sertakan link artikel blog ini! Hargai kerja keras penulis yang menerjemahkannya dari sumber aslinya.. Terima kasih sudah mengunjungi blog ini ^^

Komentar