BTS Menjadi Idol Pertama & Termuda yang Menerima Order of Cultural Merit di Korea


Order of Cultural Merit adalah salah satu kategori penghargaan dalam rangkaian Korean Popular Culture & Arts Awards yang diberikan langsung oleh Presiden Korea Selatan.  Penghargaan ini dianugerahkan kepada insan yang telah memberikan pengabdian dan kontribusi luar biasa  terhadap seni dan budaya Korea. Order of Cultural Merit sendiri terbagi ke dalam 5 kelas yakni, Geumgwan (Kelas ke-1), Eungwan (Kelas ke-2), Bongwan (Kelas ke-3), Okgwan (Kelas ke-4) dan Hwagwan (Kelas ke-5). 

16 Oktober 2018, Kementerian Budaya, Olahraga dan Pariwisata Korea Selatan mengumumkan nama-nama peraih penghargaan di Korean Popular Culture & Arts Awards 2018. Sebelumnya juga telah diumumkan bahwa ketujuh member BTS akan menerima Order of Cultural Merit tahun ini sekaligus menjadi grup idol pertama dan termuda yang berhasil meraih penghargaan ini.

Total ada 13 artis yang menerima Order of Cultural Merit. Selain itu, ada 7 peraih Penghargaan Presiden, 8 peraih Penghargaan Perdana Menteri, dan 8 (termasuk grup) peraih Penghargaan Menteri Budaya, Olahraga dan Pariwisata. 

Berikut daftar lengkap peraih penghargaan di Korean Popular Culture & Arts Awards 2018:

Eungwan Order of Cultural Merit (Kelas ke-2)
Lee Soon Jae (aktor), Kim Min Ki (produser dan penyanyi), mendiang Jo Dong Jin (penyanyi folk).

Bogwan Order of Cultural Merit (Kelas ke-3)
Kim Young Ok (aktris), Kim Jung Taek (konduktor dan komposer), Kim Ok Young (penulis skenario).

Hwagwan Order of Cultural Merit (Kelas ke-5)
Ketujuh member BTS.

Penghargaan Presiden
Sim Soo Bong (penyanyi), Yoon Sang (penyanyi), Kim Nam Joo (aktris), Yoo Jae Suk (komedian), Lee Kyung Ja (pengisi suara), Kim Dong Soo (model), mendiang Kim Bul Rae (penata suara).

Penghargaan Perdana Menteri
Choi Jin Hee (penyanyi), Kang San Ae (penyanyi), Son Ye Jin (aktris), Lee Sun Gyun (aktor), mendiang Kim Joo Hyuk (aktor), Kim Sook (komedian), Kang Hee Sun (pengisi suara), Jun Hyun Moo (presenter).

Penghargaan Menteri Budaya, Olahraga dan Pariwisata 
Red Velvet, Guckkasten, Kim Tae Ri (aktris), Park Na Rae (komedian), Lee Sun (pengisi suara), Kim Ea Na (penulis lirik), Kim Mi Kyung (sutradara teknis musikal), Kang Dae Young (makeup artis).

Upacara penghargaan Korean Popular Culture & Arts Awards 2018 akan digelar pada 24 Oktober 2018 dengan MC Shin Hyun Joon dan Lee Ji Ae.

Selamat untuk para peraih penghargaan! (3025) 

Sumber: YonhapSoompi

Komentar