Kuasa Hukum YG Jelaskan Alasan Batalnya Debut "MIXNINE"


31 Oktober 2018, sidang perdana gugatan Happyface Entertainment terhadap YG Entertainment digelar di Pengadilan Distrik Pusat Seoul. Kuasa hukum dari kedua belah pihak hadir dalam sidang tersebut.

Sebelumnya di bulan Juni, Happyface Entertainment melayangkan gugatan terhadap YG Entertainment atas pelanggaran kontrak terkait program audisi survival JTBC "MIXNINE." Happyface Entertainment adalah agensi yang menaungi Woo Jin Young yang merupakan peraih peringkat pertama dalam program tersebut. 

Kuasa hukum YG menjelaskan, "Jika saja 'MIXNINE' adalah program yang sukses, maka hal seperti pembatalan debut tidak akan pernah terjadi. Namun kenyataannya memang program tersebut tidak berjalan sesuai harapan, jadi kami sangat menyesal dan menyayangkan terjadinya hal seperti ini. Kami sendiri juga menderita banyak kerugian akibat program ini."

Ia melanjutkan, "Merilis album untuk member final 'MIXNINE' bukanlah klausa utama dalam kontrak. Karena agensi semua member berbeda, kami meminta otoritas penuh untuk mengatur aktivitas para member selama 4 bulan. Kami telah memulai persiapan untuk debut, namun kami langsung tiba pada kesimpulan bahwa kami tidak akan bisa menciptakan album yang sukses hanya dalam waktu 4 bulan dengan tim ini. Jadi kami menawarkan pada agensi masing-masing member periode selama 3 tahun untuk mengelola aktivitas mereka."

"Semua agensi memiliki pendapat yang berbeda dalam menanggapi tawaran kami. Ada agensi yang menyatakan bahwa periode 3 tahun terlalu lama namun ada juga agensi lain yang menyatakan setuju dengan penawaran kami. Namun, sesuai dengan kontrak yang ada, kesembilan member final 'MIXNINE' harus ikut berpartisipasi semuanya. Karena itulah, negosiasi pun akhirnya gagal mencapai kesepakatan."

"MIXNINE" adalah program audisi survival yang tayang pada Januari 2018 lalu di JTBC. Program ini diprakarsai oleh Yang Hyun Suk dari YG Entertainment dan PD Han Dong Cheol yang menyutradarai "Show Me The Money." Namun, kontroversi mulai muncul ketika persiapan debut tim final "MIXNINE" yang terkesan jalan di tempat, hingga akhirnya YG Entertainment mengkonfirmasi bahwa debut kesembilan member final "MIXNINE" dibatalkan. 

Happyface Entertainment meng-klaim bahwa YG Entertainment sengaja mengabaikan member final "MIXNINE" dan tidak pernah menyebutkan rencana debut mereka bahkan hingga 2 bulan setelah program "MIXNINE" berakhir. (3025)

Sumber: NaverSoompi

Komentar