Netizens Korea Sampaikan Petisi Larangan IZ*ONE Tampil di Music Bank


IZ*ONE dijadwalkan debut pada hari ini, 29 Oktober 2018 dengan albumnya yang berjudul “COLOR*IZ” dan title track-nya “La Vie En Rose.” Mereka akan menampilkan lagu debutnya di konser showcase hari ini serta dijadwalkan tampil di berbagai program musik pekan ini.

Namun sejak 28 Oktober kemarin, muncul petisi nasional yang berisikan larangan terhadap IZ*ONE untuk tampil di chanel tv publik Korea yakni KBS serta program musiknya yakni "Music Bank."

Penulis awal petisi tersebut menyatakan, "IZ*ONE adalah proyek girl grup dari program 'Produce 48.' Program tersebut merupakan hasil kerjasama Mnet dan AKB48. Seperti yang telah diketahui, AKB48 adalah girl grup yang terkenal secara aktif mendukung gerakan pro-Jepang dan segala aktivitasnya. Terdapat juga member yang tampil di konser AKB48. Oleh sebab itu, grup ini tidak seharusnya tampil di chanel televisi nasional yang menerima biaya lisensi dari publik Korea." Siang ini, hingga pukul 14.00 KST, kurang lebih sekitar 12,000 orang telah menandatangani petisi tersebut. 

Member IZ*ONE yakni Miyawaki Sakura, Yabuki Nako, dan Honda Hitomi adalah bagian dari AKB48. Dan produser AKB48 Yasushi Yakimoto, yang menulis lirik lagu IZ*ONE berjudul  “You’re In Love, Right?” terkenal sebagai pendukung gerakan pro-Jepang. Isu pro-Jepang ini memang sangat sensitif di Korea karena adanya sejarah antar kedua negara diantaranya seperti penjajahan dan penyelesaian pasca perang. 

Di lain pihak, penggemar IZ*ONE sendiri juga menyampaikan petisi tandingan yang berisikan dukungan terhadap segala aktivitas grup tersebut. IZ*ONE dijadwalkan menggelar jumpa pers sebelum konser showcase-nya hari ini. (3025)

Sumber: NaverSoompi

Komentar