Big Hit Entertainment Rilis Tanggapan Resmi Terkait Kontroversi yang Terjadi



13 November 2018, Big Hit Entertainment akhirnya buka suara terkait kontroversi yang menerpa BTS akhir-akhir ini. Berikut tanggapan resmi dari Big Hit:

"Halo, ini Big Hit Entertainment. Akhir-akhir ini, banyak isu terkait artis kami BTS. Statement dari kami adalah sebagai berikut:

"Ini adalah isu isu-isu yang telah ditinjau oleh Big Hit: isu pertama, artis kami mengenakan kaos dengan gambar bom atom. Isu kedua, artis kami mengenakan topi dengan simbol Nazi dalam sebuah pemotretan untuk sebuah outlet media Korea di masa lalu. Isu ketiga, artis kami dikatakan menggunakan bendera dengan gambar Nazi pada sebuah konser dimana mereka ikut berpartisipasi.

"Inilah statement kami terkait isu-isu tersebut: baik dalam promosi BTS maupun promosi semua artis kami, Big Hit tidak pernah mendukung perang ataupun bom atom. Kami menentang semua itu dan tidak memiliki niat sedikitpun untuk melukai perasaan para korban bom atom, dan hal ini tidak akan pernah berubah.

"Baik dalam kegiatan promosi BTS maupun promosi semua artis kami, Big Hit tidak pernah mendukung segala bentuk totalitarisme, termasuk Nazisme, maupun segala macam kelompok yang terkait dengan kecenderungan politik radikal. Kami menentang semua itu dan tidak memiliki niat sedikitpun untuk melukai perasaan para korban sejarah dari kelompok-kelompok semacam ini, dan hal tersebut tidak akan pernah berubah.

"Inilah permohonan maaf kami atas isu-isu yang disebutkan di atas. Mengenai kaos dengan gambar bom atom, seperti yang telah kami sebutkan di atas, tidak ada niat terselubung sedikitpun, dan kami telah mengkonfirmasi bahwa kaos itu sendiri di produksi bukan untuk tujuan menyebabkan luka pada para korban bom atom. Bagaimanapun, secara tidak sengaja mungkin kaos itu memang telah melukai perasaan para korban ketika kaos itu dikenakan, semua itu karena kekurangan kami dalam mempersiapkan dan memikirkan dampak yang mungkin terjadi. Kami memohon maaf sebesar-besarnya karena telah menyebabkan ketidaknyamanan akibat artis kami dikaitkan dengan gambar bom atom.

"Mengenai topi bersimbol Nazi yang digunakan pada pemotretan di masa lalu, seperti yang telah kami sampaikan di atas, kami sama sekali tidak memiliki niatan apapun. Pakaian dan aksesoris yang digunakan saat pemotretan diberikan pada kami oleh outlet media. Artis kami mengenakan item tersebut karena ketidakmampuan mereka untuk melakukan pengecekan sebelumnya sehingga secara tidak sengaja telah melukai perasaan para korban Nazisme. Kami memohon maaf sebesar-besarnya karena telah menyebabkan ketidaknyamanan akibat artis kami dikaitkan dengan gambar Nazi.

"Namun, kami ingin menegaskan bahwa semua tanggung jawab terkait isu-isu tersebut ada pada Big Hit yang tidak mampu mendukung penuh artis kami. Artis kami harus menjalani banyak jadwal dalam berbagai kondisi, oleh karena itu, tanggung jawab atas isu-isu di atas bukanlah pada mereka.

"Ini tanggapan kami atas isu tentang penampilan dalam konser: konser yang dimaksud adalah konser perayaan artis legendaris Korea, Seo Taiji, yang digelar pada tahun 2017 silam. Penampilan yang dimaksud merupakan sebuah penampilan untuk mengkritik realita standarisasi pendidikan. Gambar pada bendera yang dimaksud adalah karya seni yang sama sekali tidak terkait dengan Nazisme. Penampilan tersebut menjadi isu karena dikatakan berhubungan dengan Nazisme. Hal ini sama sekali tidak benar, dan faktanya justru penampilan tersebut ditujukan untuk mengkritik realita totalitarian semacam ini."

"Big Hit akan melakukan yang terbaik untuk meluruskan masalah ini. Moto kami adalah memberikan kenyamanan dan perasaan pada dunia melalui musik kami dan artis kami. Ini adalah tantangan bagi kami untuk mempertimbangkan banyak elemen yang muncul di era yang penuh keberagaman dan toleransi ini, kami akan berusaha yang terbaik guna memenuhi tujuan tersebut, Di masa depan, berbekal pemahaman kami bukan hanya pada isu-isu seperti ini tapi juga isu-isu seperti sosial/sejarah/budaya, Big Hit dan artis kami akan lebih berhati-hati dalam mempertimbangkan detail dari kegiatan promosi kami sehingga kami tidak melukai perasaan orang lain. Sekali lagi, kami memohon maaf pada semua orang yang terluka karena kekurangan kami dalam menghadapi isu-isu semacam ini."

"Big Hit akan mengambil langkah lebih lanjut untuk menyelesaikan isu-isu ini: pertama, kami tengah menghubungi asosiasi korban bom atom di Jepang dan Korea guna menjelaskan dan memohon maaf atas masalah yang timbul. Kami juga mengirimkan surat yang berisi tentang penjelasan dan permohonan maaf atas situasi ini pada Simon Wiesenthal Center [perkumpulan Yahudi]." (3025)


Sumber: Big HitSoompi

Komentar