BTS Jadi Grup K-Pop & Artis Korea Pertama yang Raih Platinum untuk Single di RIAA & Gold Album


Recording Industry Association of America (RIAA) mengumumkan bahwa single BTS "MIC Drop" telah meraih sertifikasi platinum. Seperti yang dilansir dari website resmi RIAA, "MIC Drop" berhasil mencetak angka penjualan 1 juta unit per tanggal 9 November 2018. Dimana 1 digital download permanen dihitung sebagai 1 unit, dan 150 on-demand audio dan/atau streaming video dihitung sebagai 1 unit.

Sebelumnya, BTS menjadi grup K-Pop pertama yang menerima sertifikasi gold atas pencapaian "MIC Drop" di bulan Februari, dan kini mereka menjadi grup K-Pop pertama yang menerima sertifikasi platinum. Di tahun 2013, PSY "Gangnam Style" merupakan artis solo Korea pertama yang menerima sertifikasi platinum. "MIC Drop" adalah lagu kedua setelah "Gangnam Style" yang dinyanyikan oleh artis Korea yang berhasil mendapatkan sertifikasi platinum dari RIAA. 

Selain itu, album BTS "Love Yourself: Answer" dan title track-nya "IDOL" keduanya mendapatkan sertifikasi gold dari RIAA. Sertifikasi gold ini diberikan kepada lagu yang mencetak angka penjualan 500,000 unit.

"Love Yourself: Answer" merupakan album pertama oleh artis Korea yang berhasil mendapatkan sertifikasi gold, sedangkan "IDOL" sendiri merupakan single ke-4 BTS yang memperoleh sertifikasi gold setelah "MIC Drop," "DNA," dan "Fake Love." (3025)



Selamat untuk BTS! 

Sumber: RIAASoompi

Komentar