Agensi The East Light dan Para Member Menyangkal Tuduhan Lee Seok Cheol dan Lee Seung Hyun


26 Desember 2018 pukul 14.00 KST, Media Line Entertainment menggelar konferensi pers mengenai kasus penganiayaan member The East Light.

Sebelumnya, produser Moon Young Il telah dijebloskan ke dalam penjara atas tindak penganiayaan yang dilakukannya terhadap member The East Light. Sedangkan kasus CEO Kim Chang Hwan telah dilimpahkan ke kejaksaan, dan kasus Presdir Lee Jung Hyun tengah diproses.

Kim Chang Hwan, Lee Jung Hyun, dan mantan member The East Light, Jung Sa Gang dan Lee Eun Sung turut hadir dalam konferensi pers tersebut.

Kim Chang Hwan memulai, "Selama 2 bulan terakhir, kami telah mematuhi segala proses investigasi dari pihak kepolisian. Namun, bisa dikatakan investigasi tersebut lebih menitikberatkan pada opini publik yang terbentuk dari konferensi pers sepihak yang digelar oleh pihak penuduh daripada kebenaran dan inti dari insiden ini. Kami akan menjelaskan semua kebenaran yang selama ini belum pernah terungkap ke media."

Presdir Media Line, Lee Jung Hyun, melanjutkan, "Karena para member memulai karir sebagai siswa pelatihan, produser Moon Young Il bertindak sebagai guru bagi para member. Saat itu, para member mengerti bahwa mereka akan menerima hukuman fisik dan teguran apabila mereka melakukan kesalahan atau mengingkari apa yang mereka janjikan."

Terkait pernyataan Lee Seok Cheol bahwa mereka diancam untuk tidak memberitahu orang tua mereka, Lee Jung Hyun mengatakan bahwa orang tua mereka sudah tahu. "Setelah menghukum mereka secara fisik, produser Moon meminta agar orang tua mereka mengobati mereka dengan salep, dan ia sering berhubungan dengan ayah Lee Seung Hyun, yang sering terlibat masalah. Setelah Lee Seung Hyun membuat masalah dengan melewatkan jadwal tampil pada 13 Juni 2017, ayahnya datang kemari setelah dihubungi oleh Lee Seok Cheol dan mendiskusikan hukuman fisik Lee Seung Hyun dengan produser Moon Young Il."

Sambil memperlihatkan screenshot pembicaraan mereka, Lee Jung Hyun mengatakan, "Besoknya sekitat pukul 04.00 pagi, CEO Kim Chang Hwan berbicara pada ayah dan ibu Lee Sung Hyun melalui KakaoTalk. Ayah Lee Seung Hyun meminta maaf atas masalah yang ditimbulkan putranya dan berjanji untuk memberinya pelajaran. Ibu Lee Seung Hyun marah kepada produser Moon Young Il karena memberikan hukuman fisik, namun ia tidak membencinya dan terlihat memaafkannya. Kim Chang Hwan mengatakan bahwa ia telah banyak menegur produser Moon Young Il dan menghibur keduanya."

Ia menambahkan, "Ayah Lee Sung Hyun bertemu produser Moon Young Il dan menghiburnya sambil memeluknya. Ia juga menghiburnya melalui pesan teks dan memintanya menjadi guri yang baik untuk kedua bersaudara itu. Media Line sama sekali tidak turut campur dalam tindak kekerasan yang dilakukan produser Moon Young Il."

Lee Jung Hyun juga mencurigai bahwa sebagian besar foto cedera yang diajukan sebagai bukti merupakan hukuman fisik dari ayah mereka sendiri.

Lee Eun Sung dan Jung Ga Sang memperkuat pernyataan tersebut dengan mengatakan bahwa Lee Seok Cheol pernah bercerita tentang Lee Seung Hyun yang dipukuli ayahnya bila ia terlibat masalah di agensinya.

Jung Ga Sang lalu menyampaikan, "Hatiku sakit karena orang terdekatku dan yang paling kusayangi termasuk CEO Kim Chang Hwan harus menderita karena hal yang tidak benar. Kontrak kami memang telah diakhiri, namun kami tidak bisa diam begitu saja. Kami hadir disini hari ini paling tidak untuk mengungkapkan kebenarannya."

Mengenai produser Moon Young Il dan CEO Kim Chang Hwan, Lee Eun Sung menyampaikan sebagai berikut:

"Mereka seperti guru dan ayah bagi kami. Tempat tinggal kami berdua ada di luar Seoul. CEO kami memberikan kami tempat untuk tidur dan memasak untuk kami. Karena kami tinggal di Seoul seorang diri, ia banyak menjaga dan membimbing kami. Aku sangat berterima kasih padanya karena telah membimbing kami ke jalan yang baik. Di lain pihak, produser Moon Young Il justru seperti orang bodoh. Ia ingin kami sukses, dan ia hanya memikirkan kami. Bahkan ia mengambil pinjaman di bank untuk membelikan kami makanan. Ia tidak ingin kami kelaparan. Ia adalah orang bodoh yang hanya memikirkan The East Light. Di awal kami debut dan ketika kami masih siswa pelatihan, kami menerima hukuman fisik. Kami tidak menerima 10 kali pukulan atau dikurung seperti yang dituduhkan Seok Cheol dan Seung Hyun. Hukuman fisik yang kami terima hanya sekedar pukulan di telapak tangan seperti yang biasa kita terima di sekolah. Seung Hyun mengatakan bahwa aku dipukul hingga kepalaku berdarah. Saat itu, Seung Hyun menimbulkan masalah, jadi kami semua mendapat teguran. Kemudian aku tidak tahu mengapa, tapi aku tidak bisa menahan tawaku. Produser bertanya kenapa aku tertawa saat kami sedang ditegur, dan ia hanya menjentikkan jari ke kepalaku. Itu tidak sakit sama sekali, tapu kepalaku tiba-tiba berdarah. Kami semua tidak tahu mengapa hal itu bisa terjadi."

Jung Sa Gang melanjutkan:

"Pemikiranku sama dengan Eun Sung. Ketika pertama kali kami memasuki agensi ini, kami masih sangat muda, jadi kami sering berselisih serta menghabiskan waktu menyenangkan bersama-sama. Produser kami juga pernah bercita-cita menjadi penyanyi, jadi ketika kami malas berlatih, ia kecewa dan banyak menegur kami. Memang ada hukuman fisik. Namun, pemberitaan yang beredar membuatnya seakan-akan seperti monster. Hatiku sakit karena pemberitaan itu jauh dari kebenarannya. CEO, Seok Cheol, dan Seung Hyun, semuanya pernah menonton film dan bersenang-senang bersama. Hingga insiden itu menyeruak, kami tidak tahu bahwa mereka mengajukan tuntutan. Seok Cheol muncul dan bertingkah seolah-olah ia adalah perwakilan dari kami, aku sungguh tidak bisa memahaminya. Sejujurnya, hal itu membuatku marah. Menurutku itu termasuk tindak pengkhianatan. Selama 3 tahun, Seok Cheol dan Seung Hyun mengikuti CEO dengan baik. Seok Cheol bahkan menuliskan, 'Ayah keduaku CEO Kim Chang Hwan' di media sosialnya. Namun, ia tiba-tiba berubah dan mengambil alih semuanya, kami ingin berbicara, tapi sepertinya tidak ada orang yang ingin mendengarkan kami. Rasanya ini sungguh tidak adil."

Mengenaik pernyataan Seok Cheol bahwa produser melilitkan senar gitar ke lehernya dan mengancamnya, Lee Eun Sung mengatakan, "Kami sedang bermain-main setelah menonton film 'Whiplash,' dan Seok Cheol sendiri yang melilitkan senar gitar ke lehernya. Lalu, produser Moon Young Il sedikit bercanda dengannya. Kami semua bahagia saat berlatih sambil bercanda satu sama lain, namun hal ini membuatku sedih karena dalam waktu singkat semuanya berubah seakan di neraka."

Ia juga mengungkapkan, "Pernah ada satu kejadian yang sangat mengejutkan. Karena aku yang tertua, aku menegur para member setelah menyelesaikan jadwal acara musik kami karena aku tidak menyukai penampilan kami, namun Seung Hyun mulai berteriak. Aku marah, dan ia mengambil ponselnya lalu berkata, 'Aku mengaktifkan perekam suaranya, jadi berhati-hatilah.' Mendengar hal itu, aku sangat terkejut hingga aku berpikir apakah aku harus bertahan sebagai satu tim dengan member seperti ini. Setelah itu, aku ingat aku pergi ke kantor agensi dan menangis di tempat parkir karena aku sangat marah."

Ia melanjutkan, "Keduanya bisa memilih apakah harus melanjukan cita-cita mereka atau menyerah di tengah jalan, namun kami bahkan tidak memiliki pilihan itu sebelum mengetahui tim kami tiba-tiba dibubarkan keesokan paginya."

Ditanya mengenai apakah mereka masih berhubungan dengan kedua bersaudara itu, Lee Eun Sung mengungkapkan bahwa sekolah mereka sama. Jang Sa Gang menjelaskan, "Kami sama-sama menjalani tahun pertama sekolah kami, jadi kami tidak sempat bertemu, namun setiap kali kami bertemu, mereka berusaha keras menghindar dari kami. Kami mengatakan yang sebenarnya, jadi kami tidak takut apapun atau merasa bersalah. Melihat mereka menghindari kami, itu artinya mereka juga tahu bahwa apa yang kami katakan memang benar adanya." (3025)

Sumber: NaverHankyungSoompi

Komentar