Golden Disc Awards ke-33 Jelaskan Alasan BTS dan iKON Terpilih Sebagai Peraih Daesang


6 Januari 2019, BTS berhasil membawa pulang Daesang ke-2 mereka untuk kategori Album of The Year pada ajang Golden Disc Awards ke-33 untuk album mereka yang berjudul “Love Yourself: Answer.” iKON juga berhasil meraih Daesang untuk kategori Digital Song of The Year untuk lagu hit mereka “Love Scenario” yang dirilis tahun 2018 lalu.

Tak lama kemudian, media Korea Ilgan Sports merilis detail bagaimana komite Golden Disc Awards ke-33 memutuskan BTS dan iKON sebagai pemenang Daesang tahun ini.

Menurut informasi dari Ilgan Sports, penghargaan Daesang didasarkan pada data penjualan album yang dirilis antara bulan Desember 2017 hingga bulan November 2018. Data penjualan tersebut diambil dari statistik Chart Gaon hingga bulan Desember 2018. Apabila artis yang bersangkutan merilis lebih dari satu album selama periode tersebut, maka pihak komite akan memilih album dengan penjualan tertinggi sebagai nominasi. Saat proses evaluasi baik untuk penghargaan Bonsang maupun Daesang, album dan  lagu untuk OST drama serta variety mendapat pengecualian. Album akan terpilih sebagai nominasi apabila memiliki minimal 6 lagu baru. Tidak termasuk intro, outro, instrumental, serta versi berbeda dari lagu yang terdapat pada album yang sama.

Total skor ditentukan berdasarkan 70% dari penjualan dan 30% dari evaluasi ahli yang tergabung dalam komite. Komite eksekutif ini terdiri atas 30 ahli yang berasal dari berbagai bidang termasuk distributor, produser TV, kritikus musik, dan reporter budaya pop.

BTS yang memenangkan Album of The Year selama 2 tahun berturut-turut, meraih skor tertinggi di segala aspek evaluasi sehingga mereka berhak memenangkan Daesang tahun ini. BTS mencatatkan skor yang jauh lebih besar dari sebelumnya dengan raihan penjualan double million album yang mengesankan untuk “Love Yourself: Answer.” Semua anggota komite eksekutif menjatuhkan pilihan pada BTS dan mereka juga mendapatkan 29 vote dari 30 anggota komite pada evaluasi Album of The Year. Dengan skor yang nyaris sempurna yakni 99.7 poin, BTS berhasil menyisihkan kandidat lainnya. Tepat setelah BTS ada EXO yang mendapatkan skor 55.6 poin. 3 album teratas yang dipilih dewan juri untuk tahun 2018 ini adalah BTS, Wanna One, dan TWICE.

Perdebatan komite eksekutif tahun ini sedikit memanas saat membahas tentang keakuratan chart. Hal ini dikarenakan adanya kecurigaan yang muncul tahun lalu mengenai keakuratan perhitungan chart musik real-time. Pada saat itu, diketahui bahwa beberapa album tidak memiliki dukungan dari banyak fans namun justru melesat ke peringkat pertama di chart musik real-time. Karena itulah, tahun ini pihak komite menuntut adanya proses evaluasi yang adil dan meyakinkan. Pihak komite menyampaikan, “Kami meningkatkan rata-rata persentase untuk evaluasi kualitatif dan berdasarkan evaluasi kami terhadap penjualan album yang dipilih oleh publik sekaligus lebih memperhatikan para kandidat dari berbagi aspek.”

Ada sedikit persaingan yang menarik antara sesama artis YG Entertainment untuk kategori album di Golden Disc Awards tahun ini. Penjualan album iKON dan BLACKPINK sama-sama tinggi dan keduanya juga memimpin dalam tahap evaluasi kualitatif. Dengan perbedaan skor yang tipis, hanya 3.4 poin, BLACKPINK dan iKON memperlihatkan betapa hebatnya YG Entertainment dalam memproduksi musik. “Love Scenario” milik iKON menerima 17 vote dari 30 anggota komite dalam evaluasi untuk Digital Song of The Year. Dalam evaluasi pilihan lebih dari satu, BTS, BLACKPINK, dan iKON meraih skor tinggi yakni 29, 27, dan 25 secara berurutan.

Pihak komite Golden Disc Awards memberikan komentarnya mengenai penghargaan tahun ini dengan menyampaikan, “Layaknya lagu di pasar musik pop yang bisa dirilis dalam berbagai bentuk dan cara sekarang ini, platform yang beragam dimana lagu-lagu ini bisa didengarkan juga semakin meluas. Golden Disc Awards bertujuan untuk merefleksikannya dengan lebih luwes terhadap trend yang mudah berubah ini dan mengalir sesuai arus musik pop dengan saangat adil dan akurat. Pasar musik Korea juga semakjn beragam dengan meluasnya K-pop. Ini adalah tahun yang penuh dengan aktivitas powerful dari artis Korea yang tampil di seluruh penjuru dunia. Golden Disc Awards akan terus menjadi ajang dimana kerja keras artis K-pop akan selalu dihargai dan didukung, serta menjadi ruang guna mengenang kembali pencapaian yang pernah diraih artis-artis ini.” (3025)

Sumber: NaverSoompi

Komentar