Kementerian Pendidikan Batalkan Gelar Akademis Member Highlight dan BTOB


Kementerian Pendidikan telah memutuskan untuk membatalkan gelar pendidikan dari 7 mahasiswa selebriti.

Member Highlight (Lee Gikwang, Yong Junhyung, Yoon Doojoon), member BTOB (Eunkwang, Yook Sungjae), Jang Hyunseung, dan penyanyi Chu Ga Yeoul akan dibatalkan gelar akademisnya sebagai tindak lanjut dari Kementerian Pendidikan yang memutuskan bahwa mereka mendapatkan perlakuan istimewa saat menjalani perkuliahan.

14 Januari 2019, Education Trust Restoration Promotion Team dari Kementerian Pendidikan menggelar rapat pertama mereka guna mendiskusikan hasil inspeksi mengenai dugaan adanya korupsi dan kecurangan di Universitas Dongshin dan Universitas Busan Kyungsang. Tim juga telah mengumumkan tindakan pembenahan terhadap masalah tersebut.

Menurut laporan dari Kementerian Pendidikan, aktivitas siaran dari mahasiswa selebriti Universitas Dongshin menjadi ganti kehadiran mereka meskipun mereka tidak menghadiri kelas perkuliahan atas ketentuan dari departemen internal. Namun, hal itu tetap dianggap sebagai perlakuan spesial karena tidak ada peraturan tertulis seperti itu sebelum tahun 2015, serta tidak ada peraturan yang memperbolehkan departemen mengelola daftar kehadiran secara berbeda.

Sementara itu, penyanyi Chu Ga Yeoul yang menjadi profesor pembantu untuk Department of Applied Music meski ia tidak memiliki gelar sarjana ia tetap tercatat sebagai mahasiswa Department of Broadcasting and Entertainment. Telah dipastikan ia tidak pernah menghadiri kelas sebagai mahasiswa disaat ia harus bertindak sebagai profesor pembantu. Untuk Chu Ga Yeoul, gelar akademisnya akan dibatalkan, dan posisinya sebagai profesor pembantu akan dihapus.

Berikut pernyataan dari Universitas Dongshin mengenai masalah tersebut:

"Pihak universitas memberikan nilai dan gelar akademis berdasarkan peraturan kampus dan departemen, namun kami mengakui bahwa ada kekurangan dalam penerapan peraturan tersebut.

"Meski begitu, kami akan meninjaunya kembali guna melindungi lulusan yang mendapatkan nilai dan gelar akademis berdasarkan peraturan diatas agar sebisa mungkin mereka tidak dirugikan. Kami akan menindaklanjuti hal tersebut dengan memodifikasi peraturan untuk operasional akademis di masa depan."

Kementerian Pendidikan telah memutuskan untuk membatalkan gelar akademis dari 7 selebriti. Berdasarkan data dari staf Universitas Dongshin, satu orang akan dikenai tindakan pendisiplinan keras, 9 orang akan dikenai tindakan pendisiplinan sedang dan 6 orang akan mendapat peringatan. (3025)

Sumber: 1 / 2 / 3

Komentar