Big Hit Tanggapi Tuduhan Penjiplakan Dari Fotografer Prancis


Big Hit Entertainment merilis tanggapan resminya terkait tuduhan penjiplakan yang dilayangkan fotografer Prancis, Bernard Faucon terhadap album BTS.

25 Februari 2019, Big Hit menanggapi, "Setelah melakukan pengecekan terhadap laporan yang dibuat hari ini, kami menyampaikan opini dari pihak kami bahwa klaim tentang adanya kesamaan oleh sebuah galeri pada bulan September tahun lalu tidaklah benar."

Sebelumnya, salah satu media memberitakan bahwa BTS terlibat masalah pelanggaran hak cipta dengan Bernard Faucon. Menurut pemberitaan tersebut, Bernard Faucon mengklaim beberapa foto dari album BTS "The Most Beautiful Moment in Life" yang dirilis pada tahun 2016 silam dan beberapa klip dari MV BTS "Blood Sweat & Tears" menjiplak background dan struktur produksi milik proyek Faucon dari serial tahun 1978 silam yang berjudul "Summer Camp," termasuk karya seni-nya yang berjudul "The Banquet." Fotografer tersebut menyatakan bahwa outfit yang dipajang di manekin, gambar background, dan elemen-elemen lainnya terlihat sama atau merupakan sebuah replika yang mirip. Ia juga mengklaim bahwa judul album BTS terinspirasi dari judul proyeknya "The Most Beautiful Day of My Youth," yang digelar di 25 negara dari tahun 1997 hingga tahun 2003.

Di bulan Agustus dan September tahun 2018, Bernard Faucon mengeluarkan dua pernyataan terhadap Big Hit dan menuntut permintaan maaf serta kompensasi menurut proses negosiasi saat itu, namun Big Hit menolak klaim tersebut. Dalam bantahannya, Big Hit menyampaikan bahwa beberapa foto dan klip dari album BTS berbeda dengan karya Faucon, dan karena poin-poin yang diklaim Faucon merupakan hal yang biasa digunakan dalam syuting, maka hal tersebut bukanlah pelanggaran hukum. Kemudian, pada bulan Oktober 2018, Faucon menulis surat yang meminta Big Hit menyatakan bahwa mereka terinspirasi darinya atau ide-ide tersebut merupakan penghormatan terhadap karyanya.  

Bernard Faucon berencana menggelar jumpa pers pada bulan April guna menyampaikan tanggapannya mengenai permasalahan ini. (3025)    

Sumber: 1 / 2 / 3

Komentar