Presiden Moon Jae In Perintahkan Investigasi Mendalam Pada Kasus Jang Ja Yeon, Klub Burning Sun, dan Lain Sebagainya


18 Maret 2019, Presiden Korea Selatan, Moon Jae In, menerima laporan terkait kasus mendiang aktris Jang Ja Yeon, Mantan Wakil Menteri dari Kementerian Kehakiman, Kim Hak Eui, dan Klub Burning Sun. Presiden memberikan perintah agar dilakukan investigasi mendalam terhadap tiga kasus tersebut.

Presiden Moon Jae In menyampaikan, "Ada kasus-kasus yang dianggap sangat mencurigakan di mata masyarakat, namun kebenarannya tak kunjung terungkap meski waktu telah berlalu sekian lama, dan [kebenaran dari] beberapa kasus tersebut bahkan ditutupi."

Presiden mengakui fakta bahwa kasus-kasus itu melibatkan elit kelas atas, dan ada kecurigaan bahwa organisasi yang menginvestigasi kasus tersebut seperti kejaksaan dan kepolisian sengaja tidak bersungguh-sungguh dalam menginvestigasi guna melindungi para tersangka dan menutupi kebenaran di masa lalu.

Ia melanjutkan, "Seandainya kita gagal mengungkap kebenaran di balik kasus-kasus ini yang melibatkan elit kelas atas, kita tidak akan mampu menjalani kehidupan sosial yang benar."

Terkait adanya dugaan pejabat tingkat tinggi yang menyalahgunakan kekuasaannya untuk melindungi tersangka dalam berbagai kasus, Presiden menyampaikan, "Kasus-kasus ini mungkin memang terjadi di masa lalu, tapi ingatlah bahwa dengan mengungkap kebenaran dan menyingkap fakta memalukan [tentang mereka sendiri] agar mereka bisa kembali menjadi organisasi investigasi yang bisa dipercaya merupakan misi yang harus dilakukan dengan penuh rasa tanggung jawab oleh para petinggi kejaksaan serta kepolisian."

Ia menambahkan, "Kejaksaan dan kepolisian tidak akan sanggup memulihkan kredibilitas dan kepercayaan masyarakat pada mereka sebagai organisasi investigasi jika mereka gagal belajar dari kelemahan mereka di masa lalu dalam kasus-kasus yang melibatkan orang-orang berpengaruh, serta dengan jelas mengungkap kebenaran dibalik kecurigaan tentang kesengajaan melakukan investigasi yang tidak sungguh-sungguh  untuk melindungi dan menutupi fakta yang ada."

Presiden juga menyebut kasus yang melibatkan klub-klub di Gangnam. Ia memerintahkan agar dilakukan investigasi mendalam pada pemilik klub yang diduga menjalankan bisnisnya secara ilegal, seperti menyediakan narkoba dan layanan seksual pada para pelanggannya, serta menerima perlakuan khusus dari otoritas setempat.

Presiden melanjutkan dengan menyampaikan bahwa jika benar kasus seperti ini terjadi di pemerintahan masa lalu, maka ada kemungkinan kasus dengan pola yang sama terjadi di pemerintahan saat ini. Oleh karenanya, dia menyatakan perlunya investigasi dan penyelidikan mendalam sehingga orang-orang yang terlibat mendapatkan hukuman setimpal tanpa memandang kelas sosial mereka.

Presiden Moon Jae In juga mengungkapkan poin utama dari kasus-kasus tersebut. Dia menyatakan, "Poin utamanya adalah mengungkapkan kebenaran nyata di balik kasus-kasus ini dan kecurigaan adanya perlakuan khusus yang diberikan oleh organisasi investigasi seperti kejaksaan, kepolisian, dan Layanan Pajak Nasional."

"Orang-orang berkuasa yang memiliki banyak koneksi dibebaskan dari tindakan ilegal dan kejahatan yang mereka lakukan, sedangkan warga negara tak berdaya yang menjadi korban ketidakadilan harus hidup dalam ketakutan tanpa perlindungan hukum," lanjut Presiden Moon Jae In.

"Saya tegaskan sekali lagi jika kita tidak mampu mengungkapkan kebenaran yang ada, kita tidak akan bisa menjalani kehidupan bermasyarakat yang benar. Saya meminta Menteri Kehakiman dan Menteri Keamanan Nasional bertanggungjawab dalam mengungkap semua kebenaran dan mengklarifikasi masing-masing kecurigaan yang timbul dari kasus-kasus ini." (3025)

Sumber: 1 / 2 

  

Komentar