Reporter yang Pertama Kali Beberkan Kasus Seungri dan Jung Joon Young Mengungkapkan Proses Investigasinya


12 Maret 2019, Kang Kyung Yoon, reporter yang pertama kali menguak chatroom Kakaotalk yang melibatkan Seungri dan Jung Joon Young, tampil dalam sebuah interview guna menjelaskan lebih detail mengenai kontroversi akhir-akhir ini.

Kang Kyung Yoon memulai interview dengan menjelaskan tahapan-tahapan yang telah ia tempuh sejauh ini. Kang Kyung Yoon mengatakan, "Bulan lalu, aku melaporkan dugaan tentang Seungri yang melobi para investor dengan menawarkan layanan seksual sebagai suap. Sejak saat itu, aku melaporkan bagaimana pesan singkat yang asli [berisikan bukti-bukti] diamankan oleh Komisi Anti-Korupsi dan Hak-hak Sipil serta chatroom berisikan Seungri dan selebritis pria lainnya yang terlibat penyebaran video dan foto yang mereka ambil secara diam-diam."

Ia melanjutkan, "Aku memutuskan melaporkan kasus [Seungri] yang menyediakan jasa layanan seksual saat pertama kali aku mengetahui tentang pesta mewah pada tahun 2015 silam yang sekarang ini dikenal dengan nama 'Pesta Seung-tsby (Seungri + Gatsby),' Pesta ini, dimana banyak investor asing diundang dan dihibur [oleh Seungri], diselenggarakan sebelum Seungri mendirikan Yuri Holdings pada tahun 2016."

"Aku menyadari pesta itu digunakan sebagai alat [bagi Seungri] untuk memperluas bisnisnya," lanjut Kang Kyung Yoon. "Namun, ada beberapa bagian dari pesta ini yang membuatku menduga bahwa Seungri memesan layanan seksual di chatroom Kakaotalk-nya."

Kang Kyung Yoon juga menyebutkan grup chatroom lainnya, dimana orang-orang itu berbagi video aktivitas seksualnya bersama para wanita yang direkam secara diam-diam. Ia menjelaskan, "Kurang lebih sejak dua tahun lalu aku mulai menerima informasi tentang chatroom itu. Ada juga testimoni dari selebritis wanita yang secara tidak sengaja menyaksikan chatroom tersebut."

"Namun," ia melanjutkan, "Baru beberapa waktu belakangan ini aku menyaksikan chatroom tersebut dengan mata kepalaku sendiri melalui sebuah sumber. Setelah menyaksikan sendiri chatroom tersebut, aku baru bisa memastikan semua penyelidikanku sebelumnya."

Kang Kyung Yoon mengatakan bahwa sebagai wanita, ia merasa perlu menyelidiki dan melaporkan hal ini. Ia berkata, "Fakta bahwa orang-orang ini mengundang mahasiswa perempuan yang baru berumur 20-an dan selebritis wanita pendatang baru untuk minum-minum bersama mereka, memanfaatkan mereka untuk berhubungan satu malam dan diam-diam merekam mereka, sangat membuatku syok."

Ia juga mengungkapkan bahwa dirinya sempat bertemu dengan korban dari rekaman video dan foto tersembunyi itu. Kang Kyung Yoon mengatakan, "Aku sangat terkejut ternyata mereka wanita yang masih sangat muda berumur 20-an. Yang paling membuatku syok adalah sebagian besar dari mereka bahkan tidak tahu bahwa mereka direkam diam-diam, dan video tersebut dibagikan di sebuah grup chatroom yang berisikan orang-orang yang tak pernah mereka temui sebelumnya. Mereka mengatakan padaku bahwa mereka sangat syok, takut, tidak tahu apa yang harus dilakukan, dan memintaku untuk menolong mereka."

Berdasarkan keterangan Kang Kyung Yoon, para korban masih ragu-ragu apakah harus mengambil langkah hukum atau tetap diam demi melindungi identitas mereka sendiri. Ia menambahkan, "Meskipun mereka sangat marah dan ingin mengambil langkah hukum yang tegas, mereka juga khawatir bahwa nantinya mereka harus hidup dengan cap sebagai korban rekaman video kamera tersembunyi."

"Aku sangat syok mengetahui bahwa orang-orang ini tidak merekam secara spontan atau atas ijin dari pihak lain yang terekam, tapi mereka merekam ini sebagai bagian dari sebuah permainan," lanjut Kang Kyung Yoon. "Sebagai contoh, jika mereka melihat selebriti wanita pendatang baru di TV atau dari agensi masing-masing, mereka akan mengatakan, 'Dia sangat cantik, kau harus mengajaknya minum bersama kami.'"

Kang Kyung Yoon juga menyebutkan bahwa saat ini dirinya menerima banyak kritikan dari fans Seungri. Ia berkata, "Aku memahami tindakan fans mengirimkan email berisi kritikan padaku karena mereka memperhatikan dan mencintai Seungri. Namun, aku juga sangat menyadari bahwa permasalahan ini terjadi di kehidupan sosial dimana kita tinggal saat ini. Para korban masih ada disini, begitu juga rasa sakit yang harus mereka derita dari insiden ini. Aku berharap para fans juga mempertimbangkan hal itu di dalam situasi seperti ini."

Kang Kyung Yoon mengakhiri interview dengan rencana kedepannya terkait kasus ini. Ia menyatakan, "Banyak orang salah persepsi bahwa laporan ini dibuat untuk mengalihkan perhatian dari isu utama klub Burning Sun. Inti dari isu kontroversi dari Burning Sun termasuk beragam masalah serius yang meliputi narkoba, kamera tersembunyi, berhubungan dengan polisi, dan lain sebagainya. Tentu saja, aku meyakini kita perlu terus melanjutkan penyelidikan terhadap kasus ini."

Ia menambahkan, "Di atas itu semua, aku percaya insiden selebritis pria yang diam-diam merekam wanita merupakan masalah besar sebagai akibat dari fakta bahwa banyak wanita yang diperlakukan sebagai alat pemuas nafsu dan tindak penyalahgunaan kekuasaan di industri hiburan."

"Sekarang ini, banyak selebritis Hallyu yang mendapatkan kekuasaan lebih, ketenaran, dan popularitas. Hasilnya, mereka menyalahgunakan kekuasaan mereka yang mereka dapat dari statusnya sebagai selebriti. Menurutku kita tidak boleh mengabaikan pengawasan dan kritik yang ada hanya karena status mereka sebagai bintang Hallyu," tutup Kang Kyung Yoon. (3025)

Kalian bisa tonton interview Kang Kyung Yoon di bawah ini!


Sumber: 1

Komentar