Seungri Buka Suara Terkait Berbagai Tuduhan Terhadap Dirinya Melalui Interview Terbaru


Seungri angkat bicara tentang berbagai kontroversi yang dituduhkan padanya melalui sebuah interview dengan media Chosun Ilbo pada 22 Maret lalu yang dipublikasikan 23 Maret kemarin. Ia membicarakan banyak topik termasuk Burning Sun, dugaan menyediakan jasa prostitusi, dan koneksinya dengan Inspektur Senior Yoon.

Ketika ditanya mengapa ia bersedia melakukan interview, Seungri menjawab, "Sejujurnya, menurutku aku tidak dalam posisi yang kuat saat ini atau untuk mengatakan bahwa aku mengalami perlakuan yang tidak adil. Aku telah berbuat hal yang tidak pantas dilakukan oleh seorang publik figur, dan aku terjerumus di dalam bisnis yang salah. Namun, aku merasa apa yang diberitakan saat ini terlalu jauh dari kebenaran yang sesungguhnya. Aku ingin bicara tentang semua kebenaran yang aku tahu, dan membantu situasi saat ini."

Ditanya mengenai apakah "bisnis yang salah" yang ia maksud adalah Burning Sun, Seungri mengatakan ya dan menjelaskan bagaimana mulanya muncul kesalahpahaman bahwa ia pemilik bisnis tersebut. Ia berkata, "Sepertinya itu karena apa yang kukatakan di 'I Live Alone' dan program-program lainnya bahwa 'aku mengoperasikan sendiri semua bisnisku dan aku ikut terjun ke lapangan bersama mereka.' Klub dan hotel itu [investor Le Meridien] sama-sama ingin menarik pelanggan dari kaum muda, serta para pelanggan dari luar negeri, jadi nama dan image-ku digunakan untuk promosi, sehingga hal tersebut memunculkan kesalahpahaman. Aku senang menjadi DJ jadi saat itu aku tidak berpikir itu ide yang buruk, dan karena klub itu beroperasi di dalam hotel, aku tidak berpikir akan terjadi hal yang buruk."

Menjelaskan alasan dirinya bertemu CEO Burning Sun, Lee Moon Ho, lima tahun lalu di Klub Arena, Seungri berkata, "CEO Lee Sung Hyun dan Lee Moon Ho bertanggungjawab pada semuanya mulai manajemen hingga finansial dan karyawan. Aku tidak pernah hadir dalam rapat yang diadakan Burning Sun, serta tidak pernah menerima daftar jumlah karyawannya maupun menghitung upah mereka. Aku benar-benar hanya wajah dari klub itu. Yang aku lakukan hanyalah meminjamkan namaku dan menginvestasikan 10 juta won melalui Yuri Holdings."

Seungri bilang bahwa dirinya tidak pernah tahu tentang adanya aktivitas ilegal di dalam klub itu, seperti anak di bawah umur diperbolehkan masuk maupun pengunjung mengkonsumsi narkoba, dan dia sangat bingung ketika dia mengetahui adanya tuduhan pemerkosaan dengan pembiusan dan video pelecehan seksual di klub itu. Disinggung mengenai dugaan penggelapan pajak yang dilakukan Burning Sun dari serangkaian dugaan kriminal lainnya, Seungri mengatakan, "Jika mereka benar melakukannya, maka aku sebagai pemegang saham juga termasuk korban. Aku tidak tahu apa-apa, semua yang aku lakukan hanyalah berpromosi untuk mereka."

Ketika ditanya mengapa ia menduga pesan teks yang dibagikannya di chat grup dengan Jung Joon Young telah direkayasa, Seungri menjawab, "Itu pesan dari tahun 2015. Bagaimana kau bisa ingat pesan singkat dari tiga tahun lalu? Aku benar-benar tidak mengingatnya. Aku tidak yakin aku mengatakan hal yang dituduhkan itu. Tidak ada satupun dari pesan itu yang memiliki keterangan waktu, dan tidak ada konteks. Aku sangat yakin pesan itu direkayasa."

Ketika ditanya tentang tuduhan menyediakan layanan prostitusi, Seungri menjawab. "Di kasus Klub Arena, itu tentang wanita dari Singapura bernama Kimmy. Ia putri dari pemilik klub sepakbola terkenal. Aku menerima banyak bantuan darinya, jadi aku hanya ingin memberikan perhatian padanya." Seungri membantah bahwa wanita itu diundang sebagai wanita penghibur senada dengan bantahan yang disampaikan pengacaranya dalam interview sebelumnya.

Terkait tuduhan menyediakan layanan prostitusi saat perjalanannya ke Indonesia, Seungri berkata, "Aku menginvestasikan 2 milyar won dan belum mendapatkan kembali keuntungannya. Aku harus berperilaku baik padanya. Dia memintaku untuk mengenalkannya pada seseorang yang bisa menemaninya saat ia berkunjung ke Indonesia. Dia bilang akan menyisihkan sejumlah uang untuk orang yang nanti menemaninya dan bertanya apakah 10 juta won cukup. Aku mengulangi jumlah uang yang ia sebutkan sekedar untuk memastikan, dan hanya itu. Tapi kemudian dia bilang padaku bahwa dia sudah mengurusnya sendiri dan membatalkannya." Seungri menambahkan, "Aku tak pernah mendapatkan investasiku kembali. Aku menekannya dengan menuntut dia secara hukum pada tahun 2015 tapi dia mengancamku akan membeberkan kisah ini ke media, jadi aku terpaksa membatalkan tuntutanku."

Tentang koneksinya dengan Inspektur Senior Yoon, yang dituduh menyalahgunakan jabatannya untuk menutupi beberapa tindak kriminal, Seungri berkata, "Yoo In Suk mengenalkannya padaku dengan menyebutnya'orang baik.' Aku hanya diberitahu bahwa dia bekerja di Blue House, lalu kami makan bersama. Kami bertemu total sebanyak empat kali hingga musim dingin lalu. Kami tidak pernah membicarakan klub, dia senang berbicara tentang sejarah. Aku bahkan tidak tahu kalau dia seorang polisi. Dia tidak tahu BIGBANG tapi dia bilang mulai mendengarkan lagu BIGBANG setelah mengenalku. Choi Jong Hoon pernah bermain golf dengannya tapi aku tidak pernah. Tidak pernah ada penyuapan. Meskipun Yoo In Suk hanya berniat membayar makanannya, dia marah dan berkata bahwa dia akan mendapat masalah sehingga dia pun membayar semuanya sendiri."

Dia juga menanggapi pertanyaan kenapa dia atau orang-orang lainnya di grup chat tersebut tidak pernah menegur Jung Joon Young yang memposting video ilegal. Seungri berkata, "Pesan di chat itu bukanlah segalanya di hidupku. Tentu saja aku memintanya berhenti. Ketika kami bertemu langsung, aku bilang padanya agar berhenti dan dia akan mendapat masalah. Aku bilang itu pada semuanya, tidak hanya pada Jung Joon Young. Hanya saja aku tidak pernah menegurnya melalui chat."

Akhirnya, Seungri mengakhiri interview dengan mengatakan, "Satu-satunya harapanku hanyalah agar investigasi ini dan hasilnya nanti dilihat secara objektif. Akhir-akhir ini banyak orang mengaitkan semuanya dari YG dengan Choi Soon Sil, BIGBANG, Kim Hak Ui, Hwang Kyo Ahn, dan lainnya. Tapi aku hanyalah selebriti. Aku sama sekali tidak mengenal orang-orang itu. Ini adalah situasi yang terjadi di klub, dan semua orang mengaitkannya dengan politik dan menciptakan narasi baru yang menakutkan. Aku bingung. Aku hanya mengatakan hal yang sebenarnya, dan aku sekuat tenaga membantu proses investigasi. Aku hanya berharap semua ini akan mereda hingga investigasi berakhir dan semua orang bisa melihat semua yang terjadi dengan lebih objektif."

Seungri mengatakan, "Aku merasa sangat bersalah pada fans dan masyarakat, mantan agensiku YG, dan rekan-rekanku yang telah bersama denganku selama lebih dari 10 tahun. Tidak peduli apapun nanti hasil investigasinya, aku yakin aku akan menanggung semua ini selama sisa hidupku. Aku akan merenungkan perbuatanku. Bagaimana kesalahan yang aku perbuat beberapa tahun lalu mengakibatkan hal sebesar ini, aku sadar diriku sangat menyedihkan dan memalukan. Aku harap semuanya akan segera terungkap sehingga masyarakat tidak lagi merasa terganggu." (3025)

Sumber: 1 / 2 / 3        

Komentar