Fans Akan Tuntut "Produce X 101" Atas Dugaan Manipulasi Voting


Sebelumnya, timbul spekulasi dari fans tentang kemungkinan terjadinya manipulasi voting SMS yang dikirimkan untuk Mnet "Produce X 101," dan kini mereka berencana untuk menempuh jalur hukum.

PAda 24 Juli 2019, pengacara Goo Hye Min dari MAST Law & Consulting menyatakan pihaknya akan menjadi kuasa hukum bagi komite fans yang dibentuk guna mengungkap kebenaran di baling voting "Produce X 101." Komite ini tengah mengumpulkan mengumpulkan dana dalam rangkan mempersiapkan tuntutan hukum terhadap Mnet.

Pengacara mengungkapkan pada Money Today TheL, "Minggu depan, kami akan mengajukan komplain ke kantor Kejaksaan Pusat Seoul terhadap staf 'Produce X 101' atas dugaan penipuan dan campur tangan bisnis. Saat ini, beberapa dugaan lain tengah didiskusikan, dan kami sedang meninjau berbagai masalah potensial yang mungkin dapat kami ajukan, daripada hanya berfokus pada dugaan tertentu saja."

Pengacara Lee Ji Yoon dari Korea Communications Commission menambahkan, "Jika terbukti Jika ada persekongkolan antara agensi hiburan dan staf produksi [‘Produce X 101’] yang mengarah pada manipulasi suara voting, maka hal ini tentu melanggar hukum yang berlaku."

Lebih lanjut, beberapa fans mengklaim karena  tiap SMS yang mereka kirimkan dikenai biaya 100 won maka manipulasi terhadap hal ini bisa dianggap sebagai penipuan. Namun, undang-undang di Korea tentang tindak kejahatan penipuan menyatakan bahwa harus ada bukti niat pelaku untuk menipu para korban, dan kemungkinan akan sulit membuktikan hal ini. (3025)

Sumber: 1 / 2 / 3 

Komentar