"Produce X 101" Rilis Penjelasan Resmi Tentang Perhitungan Voting


Pihak "Produce X 101" akhirnya merilis penjelasan mereka terkait kontroversi penghitungan voting saat babak final "Produce X 101."

Pada 24 Juli, "Produce X 101" menyampaikan pernyataan melalui media sosial resmi mereka:

"Berikut ini adalah penjelasan tentang kontroversi mengenai selisih voting total saat siaran langsung "Produce X 101."

Pertama-tama, mewakili staf produksi yang bertugas, kami menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya karena telah menimbulkan kontroversi tentang voting SMS "Produce X 101."

Saat siaran langsung [19 Juli] saat mengumumkan nama-nama 11 member yang akan debut, "Produce X 101" mengungkapkan jumlah total voting individu didasarkan pada kombinasi pra-voting secara online dan voting SMS saat siaran langsung.

Saat berlangsungnya siaran, staf produksi "Produce X 101" menyadari adanya selisih voting antara beberapa peserta didik yang jumlahnya sama. Setelah melakukan pengecekan, meskipun tidak ada masalah dengan peringkat total, namun ada beberapa error dalam proses penghitungan dan penyampaian jumlah total voting individu.

Berikut ini adalah penjelasan mengenai selisih dengan jumlah yang sama untuk voting beberapa peserta didik.

Staf "Produce X 101" yang bertugas melaksanakan penghitungan voting saat siaran langsung, memvalidasi peringkat melalui metode ganda yakni dengan mencatat peringkat berdasarkan jumlah suara dan juga melaksanakan penghitungan berdasarkan persentase dari masing-masing suara peserta didik. Namun, dalam proses validasi tersebut, staf yang bersangkutan membulatkan persentase suara hingga dua desimal, dan jumlah suara yang dibulatkan inilah yang disampaikan saat siaran langsung.

Sekali lagi kami memastikan bahwa tidak ada perubahan peringkat dalam proses penghitungan ini.

Kami meminta maaf sekali lagi pada semua produser nasional yang telah mendukung dan memberikan suaranya untuk "Produce X 101" dan juga pada para peserta didik dan semua pihak terkait.

Kami akan memperbaiki sistem voting SMS dan sistem penghitungan kami menjadi lebih baik lagi guna mencegah masalah seperti ini terjadi lagi di masa depan.

Staf produksi kami akan berusaha penuh untuk memproduksi program yang lebih transparan dan lebih adil di masa depan." (3025)

Sumber: 1 / 2

Komentar