CJ ENM Umumkan X1 dan IZ*ONE Akan Kembali Melanjutkan Aktivitas Mereka



30 Desember 2019, CEO CJ ENM Heo Min Heoi menggelar konferensi pers guna menyampaikan permohonan maaf mereka terkait kontroversi manipulasi di seri "Produce 101."

Ia menjelaskan bahwa CJ ENM akan memberikan ganti rugi kepada semua orang yang terdampak oleh kasus ini. Mengenai X1 dan IZ*ONE, ia mengungkapkan bahwa saat ini pihaknya tengah menyusun rencana untuk melanjutkan kembali aktivitas kedua grup tersebut, dan Mnet akan menyerahkan semua keuntungan yang mereka dapatkan dari seri "Produce 101."

Berikut pernyataan lengkap dari CEO CJ ENM:

"Halo. Saya Heo Min Heoi selaku CEO CJ ENM.

Pertama-tama, saya menyampaikan permintaan maaf yang sebesar-besarnya karena telah mengecewakan banyak pihak dengan kasus yang membelit Mnet. Saya meminta maaf terutama pada banyak peserta didik yang telah mengerahkan seluruh daya upayanya demi meraih impian untuk debut. Saya sungguh sangat menyesal.

Saya juga meminta maaf kepada semua fans dan pemirsa yang telah mengorbankan waktunya berpartisipasi dalam program ini salah satunya melalui voting SMS.

Tanpa memberikan alasan apapun, insiden ini adalah salah kami. Saya memiliki tanggung jawab yang besar sebagai CEO. Sekali lagi saya minta maaf.

Memikirkan tentang sakit hati dan kekecewaan yang Anda alami, saya sadar tindakan apapun tidak akan cukup untuk memperbaikinya. Namun, kami berencana melakukan apapun yang kami bisa setidaknya untuk memperbaiki kesalahan kami dan menyembuhkan sakit hati yang dialami para korban.

Pertama-tama, mengenai para peserta didik yang terdampak oleh manipulasi program audisi Mnet termasuk seri "Produce 101," kami akan bertanggungjawab penuh dan memberikan ganti rugi pada mereka. Selain ganti rugi finansial yang sudah pasti, kami akan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mendukung kegiatan mereka di masa depan dan memberikan bantuan pemulihan secara nyata melalui diskusi mendalam dengan individu terkait.

Semua keuntungan yang diterima oleh Mnet dari memanipulasi program tersebut, termasuk keuntungan yang nantinya diterima di masa depan, akan kami serahkan. Kami menaksir besar keuntungan tersebut ada sekitar 30 milyar won. Keuntungan ini akan dikelola oleh organisasi eksternal yang independen dan akan digunakan untuk mengembangkan industri musik dan pertumbuhan K-pop secara aktif. 

Terkait rencana spesifik dari pengelolaan dana tersebut, kami akan mengumumkannya setelah detailnya diselesaikan.

Kami juga akan segera mengambil tindakan yang diperlukan untuk lebih memperkuat siaran yang fair dan transparan.

Komite Penyiaran, termasuk individu seperti pakar konten eksternal, akan didayagunakan, dan proses produksi program akan dilakukan secara transparan. Selain itu, kode etik penyiaran internal akan diperbarui, dan pelatihan tentang hal ini akan ditingkatkan.

Melalui langkah ini, kami akan memeriksa dengan teliti apakah ada tindakan salah yang terjadi seperti tindakan normal atau moral dasar yang dikesampingkan demi rating pemirsa, dan kami akan memperbaikinya.

Mengenai hal-hal yang saat ini sedang diselidiki, kami berjanji untuk bekerja sama dengan pihak yang menginvestigasi hingga tidak ada satu pun kecurigaan yang tersisa. Kami akan mengambil langkah-langkah internal yang ketat seperlunya, tergantung pada hasil investigasi.

Kami bertanggungjawab penuh atas insiden ini. Kami juga akan memberikan dukungan kami untuk kelanjutan aktivitas dari member X1 dan IZ*ONE. Mempertimbangkan luka emosional dan tekanan yang dialami oleh para member bersama dengan pendapat dari banyak fans yang mendukung dimulainya kembali aktivitas mereka, kami akan terus mendiskusikan rencana untuk X1 dan IZ*ONE agar bisa segera melanjutkan aktivitas mereka secepat mungkin. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Mnet tidak akan mengambil keuntungan apapun dari aktivitas kedua grup tersebut di masa depan.

Lebih lanjut, kami akan segera merealisasikan ganti rugi secara spesifik untuk semua pihak yang terdampak oleh insiden ini. Insiden ini adalah kesalahan kami dan bukan kesalahan dari artis yang debut maupun para peserta didik. Kami memohon dengan sungguh-sungguh kepada semua pihak untuk turut melindungi mereka bersama-sama sehingga tidak ada lagi korban yang berjatuhan. Sekali lagi kami meminta maaf yang sebesar-besarnya kepada semua orang yang mendukung dan menyayangi Mnet."

Juru bicara CJ ENM, Shin Yoon Yong juga meluangkan waktu untuk menjawab pertanyaan dari media. Ia mengatakan bahwa peringkat asli tidak akan dipublikasikan, dan menjelaskan, "Yang terpenting adalah untuk tidak memberikan luka hati lagi pada peserta didik yang tidak bersalah dari insiden ini. Mempublikasikan peringkat mereka tidak akan membantu ganti rugi untuk para korban. Meski nantinya hal itu terungkap secara tidak langsung di dalam proses investigasi, mengungkapkannya hanya akan menambah kerugian, jadi kami tidak berencana untuk mengungkapkannya."

Ia melanjutkan, "Begitu para korban dipastikan, kami akan langsung memulai proses ganti rugi," dan ia menambahkan, "Mungkin nantinya akan diketahui siapa yang menjadi korban dan siapa yang menerima keuntungan, namun secara internal, kami memutuskan tidak akan mengungkapkan informasi ini karena hal itu bisa menyebabkan kerugian lebih lanjut. Kami akan berdiskusi dengan para agensi untuk mengatur langkah-langkah demi mendukung aktivitas artis yang telah debut dan mereka yang tereliminasi."

Shin Yoon Yong juga mengatakan pihaknya tidak memiliki data asli karena hanya PD yang memilikinya.

Ketika ditanya apakah peserta didik yang tereliminasi akan bergabung dengan X1 atau IZ*ONE, ia menjawab, "Ini bukanlah hal yang bisa kami putuskan sendiri tapi semua agensi juga harus setuju. Keputusan akan diambil melalui diskusi mendalam dengan para member dan agensi."

Mengenai IZ*ONE ia berkomentar, "IZ*ONE telah berpromosi selama lebih dari setahun. Mereka memang tengah menangguhkan aktivitasnya untuk sementara waktu, tapi mereka masih terikat kontrak. Selain itu ada banyak permintaan dari para fans. Rencana kami untuk mereka adalah secepatnya melanjutkan aktivitas."

Mengenai X1, ia menyatakan, "Kami masih mendiskusikannya dengan para member dan agensi. Rencana lebih lanjut masih belum dipastikan. Kami tengah mendiskusikan kesepakatan dengan banyak pertimbangan dari para member dan agensi. Kami akan mengumumkannya begitu rencana tersebut sudah dipastikan."

Ia melanjutkan, "Ada member yang debut dengan memperoleh suara yang adil. Karena aktivitas mereka ditangguhkan, sepertinya mereka mengalami luka emosional yang dalam dan tekanan. Fans mereka juga terus menunjukkan dukungan demi aktivitas mereka. Kami akan membuat keputusan berdasarkan faktor-faktor tersebut. Kami masih berdiskusi dengan agensi mereka, tapi kami menyadari bahwa ada keinginan untuk melanjutkan dengan member yang sama. Namun hal itu masih belum dipastikan." (3025)

Sumber: 1 / 2 / 3 / 4 / 5

Komentar