“Rookie of The Year” Title We Never Had



Ditengah segala macam kontroversi dan investigasi yang berjalan, membuat X1 tidak bisa menghadiri sejumlah ajang penghargaan, padahal sebelumnya mereka telah dinominasikan dan diundang berkat kesuksesan mereka sebagai grup baru berusia tiga bulan.

Sudah menjadi kebiasaan di ajang penghargaan Korea bahwa kriteria bagi penerima peng
hargaan adalah mereka harus hadir sendiri untuk menerima penghargaan tersebut. Karena ketidakhadiran X1 dan penolakan dari stasiun penyiaran yang melarang X1 tampil, hal ini membuat dirampasnya penghargaan yang sepantasnya diterima oleh X1.

Beberapa waktu lalu, Melon Music Awards 2019 telah merilis kriteria penjurian untuk kategori Male Rookie of The Year dimana X1 menjadi salah satu kandidat terkuat. Berdasakan perhitungan dan penjualan digital, X1 berhasil unggul dari grup-grup lain yang ikut dinominasikan.

X1 memperoleh poin digital indeks sebesar 65,000,000 yang diakumulasikan dari Chart Digital Gaon sehingga menempatkan mereka di posisi teratas poin digital indeks diantara grup-grup rookie lainnya. “Flash,” lagu debut X1 juga meraih peringkat pertama di Chart Melon, hal ini tentu jarang terjadi pada sebuah lagu debut. Menurut catatan rekor, lagu debut terakhir yang berhasil menempati peringkat pertama di Chart Melon adalah milik Wanna One yang dirilis tahun 2017 lalu.

Selain itu, X1 adalah satu-satunya grup rookie diantara artis-artis senior lainnya yang berhasil menempatkan semua lagu di album mereka pada platform streaming Melon tahun ini.



Album debut mereka, QUANTUM LEAP, berhasil memecahkan rekor sebagai album debut dengan penjualan hari pertama tertinggi diantara grup pria lainnya di HANTEO, dengan perolehan penjualan sebesar 250,000 album fisik dalam waktu satu hari. Sedangkan dalam waktu satu bulan, penjualan album debut X1 mencapai angka lebih dari 460,000 hingga sampai pada angka penjualan setengah juta album fisik serta memecahkan beberapa rekor lainnya hanya dalam waktu dua bulan sejak mereka debut.

Kesuksesan X1 yang luar biasa dalam waktu singkat setelah debut memang bukan hal yang mengejutkan, karena antisipasi publik terhadap X1 berhasilmenempatkan mereka di peringkat 6 Billboard Social 50 pada 17 Agustus 2019 lalu meskipun mereka belum merilis musik sama sekali.

Pada saat debut mereka 27 Agustus lalu, tiket Premier Show-Con X1 ludes terjual beberapa menit setelah loket dibuka, para penggemar yang dikenal dengan nama “One It” memenuhi seluruh Gocheok Dome yang memiliki kapasitas 17,000 orang. Dengan fanbase yang terus meluas, masa depan X1 diprediksi akan menjadi sangat cerah.


Namun semuanya berubah menjadi buruk ketika isu manipulasi yang melibatkan para produser dari acara “Produce X 101,” terus mendapat perhatian dari berbagai media. Seperti yang diketahui, acara tersebut merupakan ajang dimana X1 terbentu dan spekulasi yang terus berkembang mau tidak mau menodai image X1 sehingga mengakibatkan grup rookie yang menjanjikan ini harus menghentikan aktivitasnya.

Sayangnya, karena X1 tidak menjadi lineup final di MMA, maka penghargaan yang seharusnya pantas mereka dapatkan harus hilang begitu saja.     

Para penggemar kini meminta pihak yang berwenang mengungkapkan hasil penjurian secara transparan terkait hasil dari ajang penghargaan tersebut. Mereka meminta masalah tersebut diperhatikan karena ketidakadilan yang sangat jelas terlihat pada kriteria penjurian terhadap X1.

Kalkulasi poin dari nominasi Male Rookie of The Year beredar luas di media sosial agar pihak-pihak terkait bersedia memberi penjelasan tentang bagaimana mereka memutuskan pemenang dari kategori tersebut.


Perhitungan MMA Rookie of The Year.

MMA MALE ROTY

Persentase tanpa voting dari juri:
X1 (75.94%)

TXT (24.06%)
Pertimbangan 0.8 (0.2 yang dihilangkan adalah voting juri):
0.6 digital

0.2 voting
Total poin index: 283,835,722

Total voting: 1,149,391



[X1]
Poin Gaon: 260,492,270

Voting: 326,786
% poin indeks: 91.78
% poin voting: 28.43
Total %: 75.94

[TXT]
Poin Gaon: 23,343,452

Voting: 822,605
% poin indeks: 8.22
% poin: 71.57
Total %: 24.06


Namun hingga kini masih belum ada respon resmi dari pihak terkait mengenai masalah tersebut. Namun para penggemar akan terus menyuarakan dan memperjuangkan dengan gigih demi mendapatkan keadilan bagi X1. (3025)



Sumber: 1

Komentar