Fans Gelar Unjuk Rasa Desak CJ ENM Membentuk Grup Baru Beranggotakan Member X1


22 Januari, sekitar 1000 fans X1 menggelar unjuk rasa besar-besaran di depan gedung CJ ENM yang berlokasi di Sangam, Seoul.

X1 merupakan boy grup yang dibentuk melalui program survival Mnet "Produce X 101." X1 resmi debut pada 27 Agustus 2019 lalu, namun tak lama berselang berdasarkan hasil investigasi, pihak kepolisian menyatakan produser dari "Produce X 101" telah memanipulasi hasil voting yang menentukan peringkat dari para kontestan. Pada 6 Januari 2020, agensi dari masing-masing member X1 mengumumkan bahwa X1 resmi dibubarkan.

Persatuan fans X1 yang mendukung dibentuknya grup baru beranggotakan member X1 menggelar aksi unjuk rasa selama sekitar 3 jam mulai pukul 11.00 KST hingga pukul 14.00 KST. Diperkirakan unjuk rasa tersebut diikuti oleh sekitar 1000 orang fans X1.

   

Tiga tuntutan utama dari aksi protes tersebut ialah menuntut CJ ENM agar bertanggungjawab atas kerugian yang diterima oleh X1 dan fans X1, menuntut diumumkannya keputusan mengenai pembentukan grup baru dengan batas waktu hingga 31 Januari, dan menggelar kembali pertemuan bersama agensi member X1 hingga batas waktu 7 Februari 2020.

Fans memprotes proses pembubaran X1 yang tidak mendengarkan suara atau opini dari fans dan member X1 sendiri dan keputusan pembubaran itu semata-mata adalah keputusan sepihak dari para petinggi agensi. Fans menuntut CJ ENM mengumpulkan member X1 yang bersedia berpromosi bersama-sama lagi untuk membentuk sebuah grup baru.

Salah satu pengunjuk rasa menyatakan, "Kami tidak akan berhenti berjuang hingga CJ ENM mengabulkan tuntutan kami, dan apabila kami tidak menerima tanggapan positif hingga batas waktu yang ditentukan, kami akan terus menggelar protes dalam skala yang lebih besar dan dengan berbagai cara."


Dalam pernyataan resminya CJ ENM mengatakan, "Kami merasa sangat menyayangkan situasi akhir-akhir ini akhirnya mengakibatkan pembubaran X1 setelah diadakan perundingan dengan agensi para member, dan kami merasa sangat bertanggungjawab. CJ ENM akan terus secara aktif mendukung aktivitas dari para member X1."

Saat unjuk rasa berlangsung, fans X1 di seluruh dunia terus menuliskan tagar #BringBackNewX1 dan #CJTakeTheResponsibility di Twitter hingga menjadi trending topic di seluruh dunia. (3025)

Sumber: 1 / 2 / 3 / 4

Komentar