Agensi Jungkook, Mingyu, Cha Eun Woo, dan Jaehyun Sampaikan Permohonan Maaf Terkait Masalah Itaewon



18 Mei, Dispatch melaporkan bahwa Jungkook (BTS), Mingyu (SEVENTEEN), Jaehyun (NCT), dan Cha Eun Woo (ASTRO) menghabiskan waktu malam mereka di kawasan Itaewon yang menjadi kluster baru penyebaran virus COVID-19 di Korea Selatan.

Baru-baru ini, Korea Selatan mengalami lonjakan jumlah kasus positif COVID-19 setelah seorang pasien positif mengunjungi klub di kawasan Itaewon, Seoul.

Dilansir dari Dispatch, keempat idol yang disebutkan diatas diketahui menikmati malam mereka bersama-sama di sebuah restoran dan dua bar di kawasan Itaewon mulai malam hari tanggal 25 April hingga dini hari tanggal 26 April. Sedangkan, pasien yang terkonfirmasi positif COVID-19 itu mengunjungi klub di kawasan Itaewon pada 2 Mei dan dinyatakan positif pada 6 Mei. Setelah kasus positif ini diumumkan, Kantor Pusat Penanggulangan Bencana dan Keselamatan Korea Selatan memerintahkan semua orang yang mengunjungi tempat-tempat hiburan di Itaewon termasuk klub, bar, dan lain sebagainya antara tanggal 24 April hingga 6 Mei dilarang keluar rumah.

Kabar tentang beberapa idol yang terlihat berkunjung ke kawasan Itaewon telah mencuat dari beberapa hari yang lalu, namun nama  para idol tersebut tidak dipublikasikan, dan agensi mereka menyatakan bahwa pihaknya tidak bisa memverifikasi kebenaran kabar tersebut karena hal tersebut masuk dalam ranah kehidupan pribadi masing-masing artis.

Menanggapi laporan dari Dispatch, masing-masing agensi dari para idol tersebut akhirnya merilis pernyataan resmi yang membenarkan kabar tersebut dan semua idol tersebut telah menjalani tes dan dinyatakan negatif COVID-19.

Agensi Jungkook, Big Hit Entertainment merilis pernyataan sebagai berikut:

"Halo.

Ini Big Hit Entertainment.

Berikut ini adalah pernyataan resmi dari kami terkait kunjungan member BTS, Jungkook ke kawasan Itaewon di Seoul.

Minggu lalu, beberapa media menghubungi kami untuk menanyakan apakah Jungkook mengunjungi kawasan Itaewon, dan kami memohon maaf yang sebesar-besarnya karena terlambat menyadari bahwa respon kami terhadap pertanyaan itu ternyata bermasalah.

Memang benar bahwa Jungkook mengunjungi kawasan Itaewon. Namun pada saat itu, ia tidak pergi ke tempat yang sebelumnya dikunjungi pasien positif yang dikonfirmasi awal Mei lalu, dan Jungkook mengunjungi Itaewon seminggu sebelum kasus terkonfirmasi yang pertama (kasus pertama terkait dengan kluster baru di kawasan Itaewon). Lebih lanjut, demi mematuhi pedoman pemerintah, Jungkook menjalani tes COVID-19, jadi kami menganggap tidak pantas bagi kami mengungkapkan kehidupan pribadi artis kami kepada publik.

Namun, apapun alasannya tidak dibenarkan bagi kami bahwa kami sebagai agensi artis yang bersangkutan, tidak sepenuhnya menyadari pentingnya menjaga jarak sosial dan lebih memprioritaskan perlindungan kehidupan pribadi artis kami. Kami memohon maaf yang sebesar-besarnya pada semua orang.

Pada hari Sabtu, 25 April malam, Jungkook mengunjungi restoran dan bar di kawasan Itaewon bersama teman-temannya. Pasca berkunjung ke Itaewon, ia tidak menunjukkan gejala COVID-19 seperti batuk atau demam. Ia secara sukarela menjalani tes COVID-19 di rumah sakit pemerintah dan dinyatakan negatif. Artis yang bersangkutan saat ini merasa sangat menyesal karena tidak sepenuhnya menjalankan protokol jaga jarak sosial yang telah diupayakan selama ini.

Kami di Big Hit melakukan upaya terbaik kami mematuhi protokol jaga jarak sosial termasuk pedoman dan pencegahan penyebaran COVID-19. Kami akan lebih mematuhi pedoman tersebut sehingga hal seperti ini tidak terjadi lagi. Kami memohon maaf karena telah menimbulkan kekhawatiran banyak orang termasuk para fans".

Berikut pernyataan resmi dari agensi Mingyu, Pledis Entertainment :

"Halo, ini Pledis Entertainment.

Pertama-tama, kami memohon maaf yang sebesar-besarnya karena telah membuat banyak orang cemas karena artis Pledis Entertainment yakni member SEVENTEEN, Mingyu berkunjung ke kawasan Itaewon.

Mingyu merasa sangat menyesal karena perilakunya yang tidak pantas dengan tidak mematuhi pedoman pemerintah selama masa jaga jarak sosial.

Langsung setelah mengkonfirmasi bahwa Mingyu telah berkunjung ke kawasan tersebut selama masa yang disebutkan Kantor Pusat Penanggulangan Bencana dan Keselamatan, ia menjalani tes COVID-19 dengan sukarela di rumah sakit pemerintah meskipun ia tidak menunjukkan gejala COVID-19 seperti batuk maupun demam. Setelah ia dinyatakan negatid, ia telah menjalani isolasi mandiri dan lebih mematuhi pedoman tentang kebersihan diri.

Kami sebagai agensi merasa sangat bertanggungjawab karena situasi seperti ini terjadi akibat kelalaian kami dalam mengatur artis kami.

Kami memohon maaf yang sebesar-besarnya karena menimbulkan kecemasan dan kekhawatiran pada fans yang mencintai dan memperhatikan artis kami. Demi mencegah kejadian seperti ini terulang kembali, kami akan lebih menekankan pentingnya menjaga jarak sosial dan kebersihan diri pada artis kami dan memberikan perhatian lebih demi memastikan artis kami mematuhi pedoman pemerintah.

Sekali lagi kami memohon maaf yang sebesar-besarnya".   

Berikut pernyataan dari agensi Cha Eun Woo, Fantagio :

"Halo, ini Fantagio.

Kami membenarkan bahwa Cha Eun Woo pergi ke kawasan Itaewon pada 25 April lalu. Kami memohon maaf karena ia tidak mematuhi himbauan jaga jarak sosial dan menyebabkan kekhawatiran akibat kelalaian manajemen dari kami.

Cha Eun Woo tidak pergi ke lokasi yang menjadi masalah dimana ada kasus terkonfirmasi positif pada awal Mei lalu, dan ketika kami bertanya pada Pusat Penanggulangan dan Pencegahan Penyakit Korea Selatan apakah ia termasuk orang yang perlu menjalani tes COVID-19, kami diberitahu jika ia tidak menunjukkan gejala maka ia tidak perlu di tes. Namun, ia tetap menjalani tes demi kesehatan dan keamanan yang bersangkutan serta orang-orang yang ada di sekitarnya, dan ia dinyatakan negatif.

Apapun alasannya, itu merupakan tindakan yang lalai dari artis kami Cha Eun Woo karena mengunjungi kawasan Itaewon ketika semua orang di negara ini tengah menerapkan jaga jarak sosial, dan artis yang bersangkutan sangat menyesal karena tidak mematuhi upaya jaga jarak sosial.

Kami berjanji akan melakukan upaya yang terbaik agar insiden semacam ini tidak terjadi lagi dengan memerintahkan artis kami secara tegas agar mematuhi pedoman pencegahan. Kami memohon maaf karena telah menimbulkan kekhawatiran".

Berikut pernyataan dari SM Entertainment selaku agensi dari Jaehyun:

"Halo, ini SM Entertainment.

Kami memohon maaf karena menyebabkan kekhawatiran selama masa dimana banyak orang sedang berjuang menghadapi COVID-19.

Pada 25 April, Jaehyun mengunjungi restoran dan bar di kawasan Itaewon, tapi ia tidak pergi ke klub spesifik yang menjadi masalah, dan kunjungan Jaehyun ke kawasan Itaewon terjadi pada tujuh hari sebelum adanya kasus terkonfirmasi positif.

Jaehyun tidak menunjukkan gejala apapun, namun ketika COVID-19 merebak di klub yang ada di Itaewon dan mulai menyebar, ia secara sukarela menjalani tes COVID-19 dan dinyatakan negatif.

Jaehyun sangat menyesal pada fakta bahwa ia tidak berhati-hati selama masa jaga jarak sosial ketika semua orang seharusnya menahan diri setiap harinya untuk tidak berkumpul.

Kami juga memohon maaf yang sebesar-besarnya karena gagal menjaga dan mengatur artis kami demi memastikan ia benar-benar mematuhi prokol jaga jarak sosial baik dalam kehidupan pribadinya.

Kami akan bekerja lebih keras dalam mengatur artis kami agar kejadian semacam ini tidak terulang lagi.

Sekali lagi, kami memohon maaf karena menyebabkan kekhawatiran pada fans dan banyak orang".

(3025)

Sumber: 1 / 2 / 3 / 4 / 5 / 6 / 7

Komentar