JTBC Tanggapi Rumor Sutradara Drama "Mystic Pop-up Bar" Masuk Dalam Daftar Nama Mendiang Jang Ja Yeon



JTBC angkat bicara tentang rumor yang menerpa sutradara dari drama "Mystic Pop-up Bar".

Beberapa hari terakhir ada sebuah rumor yang tersebar secara online tentang sutradara Jeon Chang Geun dari drama "Mystic Pop-up Bar" yang disebutkan dalam daftar nama Jang Ja Yeon. Mendiang aktris Jang Ja Yeon ditemukan meninggal dunia pada bulan Maret 2009 akibat bunuh diri, dan dalam surat wasiatnya ia menyebutkan meninggalkan sebuah dokumen penting dimana didalam dokumen tersebut terdapat daftar nama figur penting dalam dunia bisnis dan industri hiburan yang memaksa dirinya untuk melayani hasrat seksual mereka.

Saat itu, ada 10 orang dalam daftar nama tersebut yang dinyatakan tidak bersalah, dan kasus itu pun berakhir hanya dengan CEO agensi mendiang Jang Ja Yeon dan manajernya yang dinyatakan bersalah atas tindak kekerasan dan fitnah.

Setelah sebuah postingan online mengklaim bahwa Jeon Chang Geun termasuk salah satu orang yang disebutkan dalam daftar nama mendiang Jang Ja Yeon, rumor kembali bergulir hingga beberapa orang menyatakan mereka akan memboikot drama "Mystic Pop-up Bar". Banyak pemirsa meninggalkan komentar mereka di website JTBC menuntut tanggapan resmi dari pihak JTBC.

Pada 26 Mei, JTBC akhirnya mengeluarkan pernyataan resmi mereka:

"Kami menyampaikan tanggapan resmi dari JTBC mengenai kontroversi terkait drama "Mystic Pop-up Bar" dan sutradara Jeon Chang Geun.

Ketika sutradara Jeon Chang Geun diinterogasi pihak kepolisian terkait "daftar nama Jang Ja Yeon", ia telah dinyatakan tidak bersalah secara internal. Sutradara Jeon Chang Geun menjalani investigasi secara sukarela demi membuktikan dirinya tidak bersalah, dan pihak kepolisian juga telah memeriksa rekaman telpon dan DNA yang bersangkutan. Dari invetigasi tersebut diketahui bahwa sutradara Jeon Chang Geun sama sekali tidak mengenal Jang Ja Yeon, dan ia juga tidak memiliki relasi apapun dengan siapapun di agensi Jang Ja Yeon. Pihak JTBC sendiri telah mengkonfirmasi kebenaran tersebut.

Sayangnya, beberapa hari terakhir ada pihak yang menghubungkan "Daftar Nama Jang Ja Yeon" dengan sutradara Jeon Chang Geun dan dramanya "Mystic Pop-up Bar", ada pihak yang menyebarkan rumor secara sepihak dan mencelanya.

Bahkan ada media yang memberitakan hal itu hanya berdasarkan situasi yang terjadi di dunia maya, tanpa melakukan pemeriksaan fakta. Terdapat penghinaan yang tidak masuk diakal yang bertentangan dengan temuan penyelidikan polisi, dan tindakan ini sudah mendekati tindakan penyerangan secara pribadi.

Oleh karena itu, JTBC berencana mengambil langkah hukum yang tegas pada mereka yang mengkritik staf dan program kami tanpa ada bukti yang jelas. Kami juga berharap agar Anda menahan diri untuk membuat spekulasi yang tidak benar sehingga tidak ada lagi pihak yang dirugikan".

Kemudian, sebuah postingan berisi permintaan maaf diunggah di komunitas online pada 26 Mei kemarin. Pengunggah postingan tersebut menyatakan, "Postingan itu juga mengatakan bahwa sutradara Jeon Chang Geun termasuk dalam daftar nama pada tahun 2009 lalu, namun aku mengunggah postingan itu dan menganggapnya benar karena aku tidak mengetahui ada artikel lain yang menyatakan bahwa ia telah dinyatakan tidak bersalah". Sang pengunggah juga mengatakan apabila langkah hukum benar-benar diambil, ia pun memahami bahwa ia harus tetap menghadapinya. "Aku memohon maaf yang sebesar-besarnya karena telah menuduh orang yang tidak bersalah dan menjadikannya korban kedua", tulis sang pengunggah postingan itu. (3025)

Sumber: 1 / 2 / 3 / 4

Komentar